PROFIL

A. SEJARAH 
Klinik Pratama Panti Bahagia Rembang merupakan satu dari banyak lembaga swasta bidang kesehatan yang merupakan Organisasi Sosial Keagamaan yang berada di bawah Yayasan Notre Dame Pekalongan. Klinik Pratama Panti Bahagia Rembang ini dibangun dan didirikan bertujuan untuk membantu masyarakat sekitar kota Rembang yang ingin mendapatkan pelayanan kesehatan secara baik.

Klinik Pratama Panti Bahagia Rembang ini merupakan pengembangan dari Rumah Bersalin. Sejarah awalnya dimulai dengan kedatangan Para Suster, Suster Maria Wienande, SND untuk membuka rumah baru di kota Rembang. Kehadiran Para Suster SND diterima oleh umat Paroki dan pimpinan Gereja setempat. Pada tanggal 15 April 1967, Yayasan Santo Gabriel Rembang menyerahkan kepada Yayasan Santa Maria Pekalongan untuk mengelola karya, salah satunya yaitu Balai Pengobatan Panti Bahagia. Yayasan Santa Maria Pekalongan mengembangkan karya ini dengan mendirikan Klinik Bersalin Ibu Kartini. Klinik Bersalin ini tidak dapat berkembang dengan baik karena kekurangan tenaga sumber daya manusia dari Para Suster pengelola. Demi tetap mempertahankan pelayanan kesehatan dan dengan masih adanya kepercayaan dari masyarakat setempat akan kehadiran Para Suster di bidang kesehatan, maka Klinik Bersalin dialihfungsikan menjadi Klinik Pratama dengan memberikan pelayanan kesehatan umum tingkat dasar. Berangkat dari tujuan mulia tersebut maka pada tanggal 27 Mei 2013, Yayasan Santa Maria Pekalongan mengajukan permohonan Ijin kepada Bupati Rembang untuk mengembangkan pelayanan menjadi pelayanan darurat 24 jam dan rawat inap dengan Ijin Operasional 503/04/KL.RJ/XI/2012. Selanjutnya Yayasan Santa Maria Pekalongan menyerahkan pengelolaan klinik kepada Yayasan Notre Dame Pekalongan. 

Pengelolaan Klinik dialihkan kepada Yayasan Notre Dame Pekalongan yang bergerak di bidang sosial dan kesehatan. Yayasan Notre Dame Pekalongan mengubah pelayanan operasional klinik menjadi Pelayanan Umum Rawat Jalan.

B. STATUS 
STATUS KLINIK PRATAMA PANTI BAHAGIA REMBANG
Status           : Klinik Rawat Jalan Swasta
Kelas            : Pratama
Badan usaha     : Yayasan Notre Dame Pekalongan
Nama           : Klinik Pratama Panti Bahagia Rembang
Pemilik          : Kongregasi Suster - Suster Notre Dame

C. PERIJINAN
   Ijin Operasional 503/04/KL.RJ/XI/2012.

D. VISI
Memberikan pelayanan kesehatan tingkat dasar kepada masyarakat secara benar dan profesional dengan pendekatan semangat kekeluargaan dan penuh kasih oleh dokter umum dan tenaga medis lainnya.

E. MISI

  1.   Memberikan pelayanan kesehatan umum dengan mutu yang terjamin.
  2. Menciptakan suasana dan lingkungan kerja yang nyaman dilandasi oleh rasa kekeluargaan dan cinta kasih antara dokter umum, perawat, pegawai lainnya dengan pasien. 
  3. Mengadakan kegiatan sosial dan penyuluhan kesehatan ke daerah yang membutuhkan.
  4. Mengembangkan tenaga sumber daya manusia melalui pelatihan ataupun belajar bersama untuk perbaikan mutu pelayanan kesehatan. 

F. MOTTO NILAI DAN TUJUAN
    a. Motto :
        Melayani dengan CINTA (Cepat, Inovatif, Nyaman, Tepat, Akurat)
    b. Nilai :
        1. Kebersamaan, mengutamakan kerja tim.
        2. Profesionalisme, bekerja sesuai dengan sistem dan prosedur yang telah ditentukan.
        3. Kejujuran, berani menyatakan kebenaran dan kesalahan berdasarkan data dan
          fakta yang dapat dipertanggungjawabkan.
        4. Keterbukaan dalam mengemukakan pendapat dan menerima pendapat dari                 pihak lain.
        5. Disiplin, berusaha menegakkan disiplin baik untuk diri sendiri maupun terhadap
           lingkungan.
    c. Tujuan :
        1. Terwujudnya pelayanan medis dasar yang komperehensif dan multidisiplin.
        2. Terwujudnya profesionalisme melalui pendidikan, pelatihan sesuai dengan
           kemajuan IPTEKDOK.
        3. Meningkatkan sistem jejaring.

G. BUDAYA KERJA 
Memulai kegiatan dengan doa bersama
Berpenampilan ramah dan menarik
Menjunjung tinggi kejujuran dan nama baik klinik
Cepat dalam memberikan pelayanan
Inovatif dalam melakukan pengembangan pelayanan baru
Nyaman dalam segala tindakan yang diberikan
Tepat dalam memberikan pelayanan yang dibutuhkan
Akurat dalam melakukan tindakan
Mengakhiri kerja dengan ucapan syukur

H. CORPORATE VALUE 

SERVICE EXCELLENT
Prinsip kerendahan hati, ketulusan, dan keikhlasan menjadi dasar kami dalam memberikan service excellent sehingga mampu membangun kedekatan dan rasa nyaman kepada pelanggan. Dimulai dari sikap pelayanan yang ramah, tulus dan komunikatif untuk memberikan motivasi dan semangat kepada pasien agar segera sembuh dan berkumpul kembali dengan keluarga tercinta.

PATIENT SAFETY
Patient Safety (Keselamatan Pasien) merupakan komponen penting dalam pelayanan kesehatan. Kami senantiasa menerapkan upaya dan langkah-langkah terpadu untuk meningkatkan keselamatan pasien.

INTENSIVE CARE
Keberhasilan pengobatan tidak hanya dari obat dan tindakan medis yang diberikan, namun perhatian dan pelayanan penuh kasih sayang juga memiliki peran penting. Kelengkapan fasilitas serta perawatan intensive sepenuh hati merupakan semangat kami untuk memberikan yang terbaik.

RESPONSIBILITY
Selalu memberikan yang terbaik dalam pelayanan merupakan keharusan bagi kami. Upaya belajar untuk meningkatkan pengetahuan, melatih keterampilan, dan mengimplementasikan segala sumber daya yang dimiliki, bertujuan memberikan manfaat setinggi-tingginya bagi kepentingan kesehatan pasien dan keluarganya merupakan salah satu bentuk tanggungjawab kami.

INTEGRITY
Senantiasa memberikan pelayanan yang menjunjung tinggi kejujuran, keterbukaan dan transparan merupakan semangat kami. Memberikan pelayanan kesehatan yang rasional dan tepat, tindakan medis yang aman serta pemberian obat yang rasional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar